Selasa, 29 Maret 2011

Kok ada hujan es di Indonesia ?

Kok ada hujan es di Indonesia ?

Hujan es di bandung yang terjadi pada akhir maret tahun 2008 lalu disebabkan suhu udara di bandung saat itu cukup dingin, sehingga es tidak berubah wujud saat jatuh ke bawah dan menyenbtuh permukaan,” jelas Kepala Sub Bidang Informasi Iklim dan Agroklimat Badan Meteorologi dan Geofisika, Drs. Soetamto, Msi. “Lain lagi kalau di kota bersuhu panas. Sebelum menyentuh tanah pun es akan berubah wujud lagi menjadi cair,’’ lanjutnya. 

Frekuensi hujan yang cukup tinggi pada Desember hingga Januari menyebabkan jumlah uap air berkurang, namun masih cukup banyak membentuk awan. Karena angin yang bertiup kencang ke atas dan bawah, awan terbentuk vertikal ke atas. Dan ketika awan melewati titik beku biasanya pada ketinggian lima sampai enam kilometer. Uap air yang terkandung di dalamnya pun menjadi padat. 

Berbeda dengan hujan es, proses pembekuan salju butuh waktu lama. Ketika di atas, salju masih berbentuk cair. Namun saat menuju tanah dan menyentuh permukaan, suhu udara yang dingin membekukan air dan menjadikannya salju. (Sumber : Reader’s Digest Indonesia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan mengomentari artikel ini !